Cara Jitu Renovasi Rumah

Merenovasi rumah dengan luas tanah terbatas tentu tak semudah merenovasi rumah dengan ruang yang luas. Perlu kiat-kiat khusus merenovasi rumah mungil agar tetap memberi kesan besar tapi mungil.

Bagaimana kiat-kiatnya ?
Yang jelas, tentu lumrah-lumrah saja melakukan renovasi di rumah mungil dengan ukuran luas bangunan 36m2 hingga luas 150m2. Bagi sebagian orang, luasan itu sangatlah terbatas.  Kalau ada penambahan anggota keluarga, misalnya tambah anak, luasan itu dianggap tidak lagi mencukupi. Satu cara yang bisa dilakukan adalah, ya, merenovasi rumah.


Lain halnya jika luas rumah mencapai 70m2 atau 90m2. Jumlah ruang barangkali sudah mencukupi. Kalau toh akan merenovasi, memperbaiki elemen yang rusak. Misalnya, plafon, dinding luar, atau lantai.

Bagaimana dengan rumah berukuran 90m2 hingga 150m2?

Biasanya renovasi terfokus ada perbaikan kualitas ruang. Ruang yang ada diperluas sebagian, atau justru dikurangi. Bahkan mungkin saja, alasa renovasi karena ingin berganti gaya.

Persoalan yang dihadapi setiap rumah berbeda-beda. Untuk itu, langkah renivasinya pun berlainan. Sejumlah rincian di bawah ini barangkali akan membantu anda merumuskan proyek renovasi secara lebih spesifik.

Silahkan saja... tinggal sesuaikan.

FAKTA 1
Atap Bocor
Rangka dan kusen kayu termakan rayap
Bahan plafon menggelembung
Cat tembok terkelupas
Daun pintu berderit
Pagar yang berkarat
Rekomendasi :
Rumah anda terancam rusak. Kondisinya mendesak untuk segera diperbaiki. Lakukan renovasi dengan prioritas pada atap, baru kemudian dinding dan lantai. Gunakan rangka baja ringan yang anti rayap dan penutup atap yang sesuai. Perbaikan dinding dan pagar bisa menyusul sesuai ketersediaan dana.

FAKTA 2
Saluran air buangan mampet
Bau tak sedap keluar dari pipa air pembuangan
Tekanan air bersih kurang kencang
Tidak ada intalasi air panas
Posisi pompa air akan diubah
Penambahan daya listrik
Rekomendasi :
Prioritaskan saluran air bersih dan kotor. Anda memerlukan ahli sanitasi dan saluran air agar mendapatkan desain dan pemasangan yang bertahan lama tanpa gangguan. Anda juga perlu memastikan penggunaan semua pipa dari ukuran dan bahan yang berkualitas baik. Sementara itu, anda bisa menunda instalasi air panas dan titik lampu.

FAKTA 3
Anak anda mulai sekolah dan prlu kamar terpisah
Ada 'titipan' keponakan
Orangtua ikut menetap
Asisten rumah tinggal serumah
Rekomendasi :
Gunakan kamar secara lebih efektif. Utamakan orangtua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Jitu Renovasi Rumah"

Posting Komentar